Saturday, 1 February 2020

Dampak Positif Dan Negatif Meminjam Dana Secara Online

Kebutuhan setiap orang itu terbilang berbeda-beda, semua orang tentu membutuhkan biaya dalam menunjang kebutuhan mereka sehari-hari. Nah di artikel ini saya akan membagikan informasi kepada anda semua mengenai dampak positif dan negatif meminjam dana secara online atau biasa dikenal dengan pinjaman online. pinjaman dana online ini berbeda dengan pinjaman dana bank yang mana anda harus datang langsung ke bank untuk megajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan anda. Pinjaman dana online dilakukan lewat situs resmi dan biasanya paling banyak lewat aplikasi fintech yang tersedia di Google playstore, cukup dengan menginstal aplikasi di hp, anda sudah bisa melakukan pinjaman dana online sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan. Tetapi yang perlu di ingat disini, bahwa pinjaman dana online ini memiliki dampak positif dan negatif untuk para nasabah jika tidak di pahami dengan baik. Adapun dampak positif dan negatifnya akan saya ulas dibawah ini, silahkan simak dengan seksama.

Dampak Positif Dan Negatif Meminjam Dana Secara Online

Dampak Positif Meminjam Dana Online

 Mudah dan cepat

Berbeda ketika anda mengajukan pinjaman ke sebuah bang, biasanya proses yang dibutuhkan cukup lama bisa sekitar 1 sampai 3 hari, padahal anda membutuhkan dana cepat disaat itu juga. Nah perbedaannya ketika anda meminjam dana secara online atau lewat aplikasi android, tidak membutuhkan waktu yang lama dana bisa langsung cair ke rekening yang anda daftarkan. Contoh saja untuk jumlah pinjaman bisa mencapai 20 juta dan tentunya anda sudah membaca syarat serta ketentuan dari pinjaman tersebut mulai dari jangka waktu atau tenor pinjaman, jumlah angsuran bulanan dan semuanya yang berhubungan dengan pinjaman dana anda. Proses pinjaman yang cepat seperti ini yang membuat banyak orang tertarik untuk melakukan pinjaman via aplikasi.

 Tenor fleksible

Kemudian yang kedua adalah tenor atau jangka pinjaman yang bisa anda tentukan sendiri dalam waktu mulai dari 7 hari, 2 minggu hingga 1 bulan lebih. Tenor atau jangka waktu pinjaman seperti ini tentunya lebih menguntungkan dibandingkan meminjam dana di bank dengan waktu yang biasanya di patok lebih lama. Nah untuk hal ini mungkin bisa disesuaikan dengan kondisi finansial anda dalam hal angsuran nantinya.

 Tidak banyak membutuhkan dokumen

Keuntungan lain yang akan anda dapatkan ketika melakukan pinjaman dana secara online adalah tidak dibutuhkan banyak sekali persyaratan seperti dokumen maupun jaminan tertentu. Cukup dengan memakai KTP, anda sudah bisa mengajukan pinjaman dengan rentang jumlah 500 ribu sampai 20 juta sekalipun. Tetapi untuk meminjam dana langsung sebesar 20 juta tidak bisa dilakukan secara instan, ada tahapannya mulai dari 500 ribu – 2 juta dulu karena besar kemungkinan aplikasi juga membutuhkan kredibilitas dan konsistensi anda dalam mengembalikan pinjaman dana. Nah mudah dan simple bukan untuk meminjam dana secara online ?

 Dimanapun bisa dilakukan

Menariknya lagi pinjaman dana online ini bisa dilakukan dimanapun anda berada, baik ketika sedang di luar kota atau sedang berlibur ke luar negeri. Cukup dengan membuka aplikasi fintech atau pinjaman anda, setting jumlah yang anda pinjam maka dalam hitungan detik atau menit sudah masuk pastinya. Itulah kenapa pinjaman dana online lebih disukai dibandingkan pinjaman dana offline yang ada di bank, pegadaian atau lembaga pemberi pinjaman dana.
Nah lantas bagaimana dengan dampak negatifnya ? mari simak dibawah ini.

Dampak negatif pinjaman dana online di internet

 Sanksi denda

Bagi anda yang mengalami keterlambatan dalam mengembalikan dana pinjaman tentu akan dikenak sanksi dan denda, pertama akun anda akan dbekukkan sehingga tidak dapat melakukan pinjaman dana lagi serta denda yang lebih besar dari nilai angsuran. Itulah kenapa aplikasi selalu menawarkan kemudahan namun kalau nasabah bermasalah siap-siap saja dengan sanksi dan dendanya.

 Sanksi sosial

Sanksi sosial ini adalah sanksi yang akan diterima oleh setiap nasabah atau peminjam dana yang telat berbulan-bulan atau tidak mau mengembalikan dana pinjaman. Maksud dari sanksi sosial ini meliputi setiap orang yang nomor teleponnya tersimpan di aplikasi akan diihubungi pihak aplikasi untuk menanyakan posisi anda, bahkan ada ancaman-ancaman tertentu yang dipakai sebagai gertakan agar anda segera jera dan mau melunasi hutang-hutang pinjaman anda. Itulah kenapa terkadang banyak orang yang bermasalah dengan pinjaman online selalu di kejar-kejar deptcollector.

 Menjadi kebiasaan

Terakhir dampak yang paling berpengaruh terhadap kehidupan kita adalah bakal menjadi kebiasaan untuk berhutang atau meminjam sana sini, padahal kebiasaan berhutang ini sangatlah tidak baik, masih wajar kalau dilakukan 1 – 2 kali. Tetapi kalau sudah menjadi kebiasaan bukan hal yang bagus untuk kehidupan kita, terutama kalau sudah berumah tangga nanti.
Nah itulah sedikit informasi mengenai dampak positif dan negatif meminjam dana secara online. 

Comments


EmoticonEmoticon