Friday, 4 March 2016

Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli

Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli

Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli - Memang sih tidak ada larangan bagi seseorang untuk mengolah foto atau gambar untuk mempercantik dan memperindah foto/gambar tersebut untuk halnya keperluan pribadi dan keperluan lain yang bersifat positif.

Namun lain halnya kalau disalah gunakan untuk mengelabui atau menipu, arti dari mengelabui dan menipu ini adalah memanipulasi suatu foto atau objek dan di publikasikan untuk halnya mencari sensasi, fitnah, menipu dan lain sebagainya untuk mencari keuntungan sendiri yang dapat merugikakan orang lain.

Pasti kalian pernah melihat berita-berita yang menggegerkan namun pada akhirnya ternyata berita tersebut hanyalah HOAX atau tidak sesuai dengan kenyataan, yaa... kasus ini sering terjadi di kalangan selebritis, misalkan saja tentang foto selebritis tanpa status resmi diberitakan tidur seranjang, atau mungkin foto-foto bugil para artis.

Ada hal lain juga yang sering kita lihat seperti foto penampakan UFO, penampakan hantu, produk pemutih wajah dan penghilang jerawat, dan banyak foto-foto lain yang dikira sesuatu yang belum jelas kepastianya.

Sebaiknya jika ada sesuatu hal yang belum tentu pasti, jangan pernah menyimpulkan suatu hal tersebut hanya dengan pandangan mata dan telinga saja, kita masih punya inisiatif untuk mengungkapnya, jikalau itu mustahil kita bisa bersabar dan menunggu kepastianya.

Untuk mengetahui bahwa foto tersebut hasil dari editan atau memang foto asli, ada dua cara untuk membuktikanya yaitu tanpa software dan dengan menggunakan software.

Pertama yang kita bahas adalah tanpa menggunakan software, kita hanya menggunakan Notepad untuk menguji foto tersebut foto editan atau foto asli, untuk selengkapnya silahkan baca cara berikut :

Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli tanpa software ( Notepad )

  • Untuk cara yang pertama ini silahkan kalian buka Noetpad dengan cara tekan CTRL+R dan tulis Notepad lalu enter.
  • Setelah Notepat terbuka silahkan kalian beralih ke Window eksplorer, pilih foto mana yang akan kalian di uji.
  • Setelah kalian menentukan foto yang akan kalian uji, silahkan drag atau seret foto tersebut kedalam Notepad ( tahan klik sampai ke lembar kerja Notepad lalu silahkan kalian lepas klik tersebut ).

    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
  • Maka akan ada data seperti berikut ini :

    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
  • Tekan CTRL+F
  • Lalu kalian ketikan Photoshop atau misalnya aplikasi lain seperti Corel, paintshop atau Software pengolah foto lainya.
  • Lalu silahkan kalian tekan enter.
  • Jika foto tersebut asli maka akan ada keterangan seperti ini :
    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
    Tidak ada unsur campur tangan dari Adobe Photoshop
  • Dan jika foto tersebut foto editan maka akan muncul keterangan seperti ini :
    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
    Terdapat campur tangan Adobe Photoshop dalam foto tersebut
  • Selesai itu adalah kesimpulanya.
Adapun cara mengetahui mana foto editan dan mana yang merupakan foto asli dengan cara melalui sebuah software, nama software tersebut adalah JPEGsnoop, tenang saja software tersebut bukan merupakan file raksasa, karna software tersebut hanya berukuran 1,4MB saja, untuk lebih tahu cara menggunakanya silahkan baca cara berikut ini :
  • Untuk langkah yang pertama silahkan kalian download software JPEGsnoop disini | Download.
  • Setelah kalian download silahkan buka folder file tersebut, karena software tersebut masih berformat RAR, kalian harus meng-Ekstraknya terlebih dahulu dengan cara klik kanan pada file tersebut lalu pilih Extract here.. maka Software tersebut tidak lagi berbentuk RAR.
  • Buka Software JPEGsnoop maka akan ada tampilan seperti berikut ini :

    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
  • Silahlkan tekan CTRL+O dan pilih foto mana yang akan kalian uji.
  • Setelah data foto terbuka silahkan kalian scrool ke bagian bawah, tepatnya pada bagian "Searching Compression Signatures".
  • Kalian lihat disitu, kalau foto itu merupakan foto editan maka software yang digunakan akan nampak pada data tersebut.

Uji coba :

  • Inilah keterangan ketika saya menggunakan foto yang jelas-jelas editan saya sendiri dan saya memakai Adobe photoshop CS 6, berikut keteranganya:
    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
    Terdapat keterangan Class 1 membuktikan foto tersebut merupakan foto editan
  • Inilah keterangan ketika saya coba menggunakan foto yang di ambil dengan menggunakan camera DIGITAL, dan foto ini tanpa sedikitpun tersentuh proses edit, berikut keteranganya :
    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
    Terdapat keterangan Class 4 membuktikan foto tersebut foto asli/original

Penjelasan :


  1. Class 1 - Image is processed/edited : keterangan ini menunjukan kalau foto tersebut merupakan  foto yang telah diedit, untuk melihat software apa yang digunakan untuk mengedit foto tersebut kalian bisa lihat di bagian "Searching Compression Signatures", seperti berikut :
    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
    "SW" adalah jenis software yang digunakan

    Yaa.. dalam data tersebut terlihat bahwa software yang digunakan adalah software Adobe Photoshop CS 6.

    Namun sering kali dibawah keterangan "Class 1 - Image is processed/edited " terdapat notifikasi sebagai berikut :
    Trik cara mengetahui foto editan dan foto asli
    Sistem sulit mengenali software yang di gunakan

    Keterangan tersebut menunjukan kalau sistem tidak bisa membaca/mengenali jenis software yang digunakan, mungkin itu sejenis software baru atau software yang masih asing.
  2. Class 2 - Image has high probability of being processed/edited : keterangan ini menunjukan kalau foto tersebut kemungkinan besar parnah melalui proses editing, sistem sedikit meragukan kepastianya mungkin karena saat proses upload atau proses download foto tersebut tidak mempunyai data-data yang cukup lengkap.
  3.  Class 3 - Image has high probability of being original : keterangan ini menunjukan kebalikan dari Class 2, dalam Class 3 ini menunjukan kalau foto tersebut kemungkinan besar adalah foto asli, Class 3 ini juga sistem sedikit meragukan kepastianya mungkin karena saat proses upload atau proses download foto tersebut tidak mempunyai data-data yang cukup lengkap.
  4. Class 4 - Uncertain if processed or original : Keterangan ini menunjukan kalau foto tersebut merupakan foto yang ORIGINAL/ASLI, tidak ada sedikitpun proses editing yang pernah dialami foto tersebut.
Mungkin jenis software yang digunakan dalam proses editing kerap sulit terbaca ketika kita mengambil foto dari web atau jejaring sosial, mungkin karena dari proses upload atau download yang tidak valid.

Saya kira itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua..

Pesan saya : 
Jangan mudah percaya kepada siapapun termasuk mata kita sendiri.

4 comments

  1. klo file itu editan dari aplikasi hp bisa dibuktikan ndak gan? caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo itu saya belum pernah coba gan, co ba aja cara datas mungkin berhasil :D

      Delete
  2. saya masukin foto dari hp kosmuanya class 1 ya? padahal blmpnah diedit tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh kalo itu kayaknya sistem sulit mendeteksi foto tersebut / susah dikenali

      Delete


EmoticonEmoticon