Wednesday, 2 March 2016

Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop

Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop -  mungkin kalian bertanya-tanya bagaimana sih cara memperkecil ukuran file foto tapi tanpa harus mengurangi resolusi, ketajaman dan dimensinya.

Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop

Dulu juga saya pernah mengalami hal seperti itu, bertanya-tanya apakah bisa memperkecil filenya tapi resolusinya tetap tajam, pernah sesekali saya berkunjung ke mbah google, bertanya kepadanya gimana sih mbah cara memperkecil ukuran file tanpa harus mengurangi kualitas gambar atau resolusinya, mbah google menjawab "begini caranya cu...." seettt... setelah saya baca dan menerapkanya emang berhasil sih ngurangin size filenya, tapi kok malah fotonya juga jadi kecil dan jadi pecah-pecah lagi... gimana nih mbah ? mbah google hanya terdiam..

Dari situlah saya mencoba eksperimen sendiri, otak-atik tidak karuan, coba software sana, coba software sini, dan pada akhirnya saya coba memakai photoshop.

Sedikit deskripsi singkat tentang photoshop :

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaaniklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto dan bersamaAdobe Acrobat.

Dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , versi ke tigabelas adalah Adobe Photoshop CS6 dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC.

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac os x, dan Mac os; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

SUMBER : WIKIPEDIA

Dengan photoshop kita bebas berkreasi, mengedit foto atau bahkan mendesain logo atau semacamnya, dengan dilengkapi fitur-fitur dan tools seperti smudge, brush, pentool dan masih banyak lagi tools dan fiture yang menarik lainya, dengan keunggulanya itu Adobe Photoshop sekarang menjadi software yang paling banyak diminati oleh para desainer professional.

Namun dalam sesi kali ini saya bukan membahas tentang cara mengedit foto atau membuat desain, mungkin akan di bahas di lain kesempatan, ya, kali ini saya akan berbagi cara memperkecil ukuran file foto tanpa harus mengurangi resolusi dan ketajaman fotonya.

Tidak perlu menggunakan software ini itu, yang kita butuhkan hanyalah Adobe Photoshop saja.

Saya biasa gunakan cara ini untuk posting foto/gambar ke dalam blog, dengan size file yang kecil memungkinkan preloading halaman kita menjadi lebih cepat dan tidak berat.

Inilah perbandingan gambarnya yang sangat signifikan :
Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop
Keterangan : Dimensions= 1500x1500, Size= 1,18MB
Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop
Keterangan : Dimensions= 1500, Size= 126KB
Dari perbandingan tersebut terlihat jelas perbedaan yang sangat jelas antara foto A ( sebelum ) dan foto B (sesudah ), Foto A dimensions 1500x1500 dengan ukuran Size 1,18MB dan setelah dilakukan cara ini Foto B Dimensions tetap sama 1500x1500 dan ukuran Size bisa turun drastis hanya menjadi 126KB saja dan lihat saja kualitas fotonya tetep sama, mungkin hanya sangat sedikit saja perubahan kualitasnya, namun resolusi foto masih sangat detail.

Dengan ukuran File Size yang kecil memungkinkan kita untuk menghemat ruang memori kita, ataupun kalau kita mengunggah foto ke berbagai situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dll, memungkinkan kita untuk lebih menghemat kuota kita.

okeh daripada saya membuat kesal anda tentang penjelasan ini, mari kita menuju ke TKP saja.

Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop

  • Untuk langkah pertama silahkan buka lembar kerja Adobe Photoshop kalian
  • Setelah itu silahkan buka Foto/gambar yang akan kalian kecilkan ukuran Sizenya dengan cara tekan CTRL+O pada keyboard kalian dan pilih foto yang akan dikecilkan Sizenya tadi.
  • Setelah terbuka silahkan kalian menuju menu File dan pilih ( Save For Web ) atau kalian bisa tekan ALT+SIFT+CTRL+S ( tekan secara bersamaan )
    Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop
  • Maka akan ada tampilan seperti ini : 
    Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop
  • Untuk memperkecil Sizenya saya biasa menyetel formatnya seperti berikut ini, tapi kalian bebas untuk mengaturnya terserah apa yang kalian mau.
    Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop
  • Keterangan :
  1. A : Untuk mengatur format gambar sesuai sistem dari Adobe Photoshop, ( setting default )
  2. B : Untuk memilih format gambar secara manual
  3. C : Untuk memilih kualitas gambar
  4. D : Untuk mengatur gambar agar lebih progressive/lebih ringan dan cepat preloadnya
  5. E : Untuk mengatur gambar agar lebih optimal kualitasnya
  6. F : Untuk mengatur profil ICC berdasarkan photoshop kompensasi warna
  7. G : Quality: Mengatur kualitas dari gambar asli, Blur: mengatur efek blur, Matte: Untuk mendefinisikan warna hambar Pixels transparan terhadap warna yang di kehendaki
  • Atau kalian bisa mengatur berdasarkan ukuran Size yang kalian inginkan, kalian bisa klik ikon daftar pada pojok kanan atas lalu pilih optimize to file Size.
    Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop
  • Untuk memantau ukuran Size file tersebut kalian bisa lihat di bagian bawah kiri, disitu kalian bisa tau ukuran File size yang kalian optimalkan.
    Cara memperkecil ukuran file foto tanpa mengurangi resolusi di photoshop
  • Setelah kalian selesai mengoptimalkanya, kalian bisa langsung klik save
  • Selesai, silahkan kalian lihat perbandinganya
Saya kira itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat untuk kalian semua.
cukup sekian, sampai jumpa di sesi berikutnya...
Budayakan membaca.. dari membaca kita dapat menemukan jalan keluar dari problema yang kita alami, karena membaca adalah sebuah kompas yang menuntun kita untuk menuju jalan yang benar.

9 comments

  1. ukuran mmg penting, supaya bisa lebih hemat, karena kita gak tau bakal blogging sampe kapan, pasti bakal cepet habis kalo rajin, kalo gak pinter2 bisa nambah kapasitas trus, hehe, mantap info nya.. thankyou

    ReplyDelete
  2. hehe sama sama gan... bner yang agan sampaikan

    ReplyDelete
  3. Siip.. Pas .. Untuk wall paper hp yg kebesaran...

    ReplyDelete
  4. Siip.. Pas .. Untuk wall paper hp yg kebesaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dipake buat walpaper juga bisa gan.. ngga pecah-pecah

      Delete
  5. Dgn bgtu kalo buat d cetak ukuran besar gambarnya pecah ga mastah...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya allah ngga, asalkan ngurangin quality'a ga terlalu turun..

      Delete


EmoticonEmoticon